Jumat, 12 September 2014

Bolu Kukus Mekar

Bismillahirrohmanirrohim....Saya termasuk orang yang mempunyai masalah dengan kue yang satu ini.Beberapa kali membuat kue ini ada yang berhasil mekar dengan sempurna tetapi tidak jarang pula yang gagal mekar.Kadang mekarnya dengan malu-malu bahkan tidak jarang pula tidak mau merekah sama sekali....hihi.
Pada suatu hari ketika sedang belanja di TBK tanpa sengaja saya melihat resep bolu kukus ini yang ditempelkan pada dinding toko.Karena penasaran maka saya catat resep tersebut dan berniat untuk mencobanya suatu saat nanti.Maaf saya lupa resep ini dari mana,tetapi yang pasti merupakan produsen dari bahan kue.
Ketika ada waktu saya pun mengeksekusinya dengan harap-harap cemas,dan ternyata...alhamdulillah berhasil merekah dengan sempurna....
Semenjak itu saya pun menggunakan resep ini dan sering kali berhasil.
Dibawah ini saya tuliskan resepnya ya,..monggo yang mau mencobanya dan semoga berhasil.....


Resep BOLU KUKUS MEKAR

Bahan:
4 btr      telur
400 gr   gula pasir
25 gr     emulsifier ( saya pakai Sponge 28 )
50 ml    SKM
400 ml  air
600 gr   tepung terigu protein rendah
1 sdt     BP

Cara membuat ;
=  Panaskan kukusan dan isi dengan air secukupnya saja.
=  Ayak terigu dan BP, sisihkan.
=  Kocok telur,gula pasir. emulsifier sampai putih dan mengembang kira-kira 15 mnt dengan kecepatan tinggi.
=  Setelah adonan putih dan terasa ringan masukkan SKM.Kocok terus jangan berhenti.
=  Masukkan terigu bergantian dengan air dalam beberapa tahap dengan kecepatan rendah.
=  Setelah tercampur rata matikan mixer.Ambil beberapa sendok adonan dan beri warna sesuai dengan selera.
=  Masukkan paper cup kedalam cetakan kue kukus,beri adonan putih,timpal dengan adonan berwarna dan siap untuk dikukus.
=  Masukkan kedalam kukusan yang sudah beruap banyak dan tunggu selama 15 menit baru boleh dibuka.   
                            
 
NOTE :
*Air kukusan harus sudah mendidih ketika kue dimasukkan.
*Beri serbet di tutup kukusan agar air tidak menetes ke kue.
*Jangan terlalu banyak memasukkan kue kedalam kukusan agar kue dapat merekah dengan
  sempurna.


Happy steaming.....^_^





Tidak ada komentar:

Posting Komentar