Minggu, 12 Juni 2016

Kue Lapis Beras

Bismillah…
Kue lapis adalah jajanan pasar  yang popular sampai saat ini…kalau kita ke pasar tradisional masih banyak kita jumpai  jajanan ini biasanya dengan warna-warniyang sungguh menarik…  sebenarnya cara membuat maupun bahan yang digunakan untuk membuat kue ini sangat mudah, hanya saja dalam cara pembuatannya dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan lebih karena harus membuat lapis demi lapis satu persatu yang membutuhkan waktu yang lama..^^
Kali ini saya membuat kue ini berdasarkan resep dari ”mbak Vivi”…berhasil, enak, lembut dan anak-anak pada suka…terima kasih mbak atas sharing resepnya, kekurangannya adalah saya masih kurang telaten dalam melapisnya sehingga hasil akhirnya masih kurang rapi ^_^
Berikut ini saya tuliskan resepnya :

KUE LAPIS BERAS
Source : Vivi “jajane vivi”

Bahan :
1100 ml         santan dari 2 btr kelapa
250 gr            tepung beras ( saya menggunakan tepung beras rose brand )
50 gr              tepung sagu
250 gr            gula pasir
¾ sdt              garam
2 helai            daun pandan, simpulkan

Cara membuatnya :
1.Didihkan santan bersama dengan daun pandan, kemudian dinginkan.
2.Dalam baskom campur jadi satu tepung beras, tepung sagu, gula pasir, garam dan santan.Aduk sampai tercampur rata dan gula larut, tidak ada yang menggerindil.
3.Bagi adonan menjadi 2 bagian sama rata, satu bagian dibiarkan putih dan satu bagian lainnya diberi pasta pandan.
4.Panaskan kukusan, Loyang/cetakan dioles dengan minyak dan dilapisi dengan plastik.Tuang satu sendok sayur adonan putih ke dalam cetakan, kukus 5 menit sampai adonan berwarna bening, timpa dengan adonan hijau dan kukus lagi selama 5 menit.Demikian seterusnya berganti-ganti sampai adonan habis.Terakhi kukus selama 30 menit.Dinginkan.
4.Setelah dingin baru bisa dipotong. Cara memotongnya  pisau dibungkus dengan plastik agar didapatkan potongan yang rapi. Siap disajikan.

Selamat mencoba..happy cooking^^




Tidak ada komentar:

Posting Komentar