Rabu, 07 Januari 2015

Potato Bread

Bismillahirrohmanirrohim…
Kali ini postingan tentang roti lagi..saya suka dengan resep ini karena pembuatannya relatif mudah, hasilnya tetap lembut  sampai keesokan harinya meskipun tidak menggunakan bread emulsifier ataupun bread emprover..
Sebenarnya ini adalah  resep potato bread biasa ..saya menggunakan resep dari bunda Ricke “Just my Ordinary Kitchen”yang sudah sangat cocok dengan saya dan keluarga..tetapi saya bentuk menjadi roti kepang dan kali ini  diisi dengan cokelat sesuai dengan kesukaan anak-anak…cekidot resepnya ya…

POTATO BREAD
Source: Ricke Indriani

Bahan :
200 gr         tepung terigu protein tinggi
100 gr         tepung terigu protein sedang
6 gr             ragi instant
65  gr          gula pasir
10 gr           susu bubuk full cream
1 sdt           vanili bubuk
2 btr           kuning telur ( saya pakai 1 btr telur utuh )
100 gr        kentang kukus, haluskan
125 ml       air/susu cair dingin
½ sdt          garam
35 gr          mentega/margarine

Olesan : susu cair

Cara membuatnya :
-          Campur terigu, ragi instant, gula pasir, susu bubuk dan vanili, aduk rata.
-          Masukkan telur dan kentang kukus, aduk rata.
-          Tuangi dengan air/susu cair sambil diuleni sampai setengah kalis.Artinya adonan sudah tidak lengket lagi.Hentikan penambahan cairan meskipun air/susu belum habis.
-          Tambahkan garam dan mentega.Uleni terus sampai kalis elastis.Cirinya adalah adonan licin dan mulus, kalau kita ambil sedikit adonan lalu kita bentangkan akan membentuk lapisan yang tipis yang tidak mudah sobek.
-          Bulatkan adonan,tempatkan dalam wadah, tutup serbet lembab dan istirahatkan selama 30-45 menit tergantung dengan suhu ruangan sampai volumenya menjadi 2X lipat.
-          Kempiskan adonan, uleni sebentar untuk membuang udara agar adonan mulus dan elastis kembali.Bagi adonan sama rata, kalau saya masing 60 gram, bulatkan dan istirahatkan 10 menit.Pipihkan, isi  dan bentuk sesuai selera.
-          Tata dalam Loyang dan diamkan kembali 30 menit hingga mengembang.
-          Panaskan oven 180-200OC( oven harus sudah panas ketika adonan roti masuk ).Olesi permukaan roti dengan susu cair, panggang selama 15 menit sampai matang dan permukaannya berwarna kecokelatan.
-          Panas-panas olesi permukaanya dengan margarine.



   Selamat mencoba...^^






Tidak ada komentar:

Posting Komentar