Rabu, 07 Januari 2015

Jamur Krispi

Bismillahirrohmanirrohim..
Hujan-hujan begini bawaannya lapar terus ya…pengennya makannn saja..bete deh kalau tidak ada cemilan…apalagi anak-anak  …mereka maunya ngemil terus..
Foto ini saya ambil beberapa waktu yang lalu…waktu itu hari sedang hujan, tidak ada cemilan sama sekali…buka kulkas ada 2 bungkus jamur tiram segar yang saya beli kemarin…rencananya mau dibuat nugget ayam jamur, tapi karena sekarang pengen ngemil jadinya diolah saja menjadi jamur krispi….^_^
Cara pembuatan jamur krispi ini sangat mudah…tapi hasilnya lumayan awet renyahnya lho…saya senang sekali karena beberapa kali saya membuatnya tapi hasilnya kurang krispi…kuncinya adalah saya menggunakan tepung beras dan cara menggorengnya yang menggunakan api kecil…
Dimakan hangat-hangat sungguh nikmat…kalau anak-anak cara makannya dengan ditaburi bubuk balado seperti yang dijual di gerai-gerai itu lho…hmm nikmat…yuk dicoba..

JAMUR KRISPI

Bahan :
2 bks        jamur tiram segar ( kira-kira 400 gr )
½ sdt        kaldu ayam bubuk
½ bks        tepung bumbu ( kira-kira 40 gr, saya pakai merk Sa**ku )
2-3 sdm   tepung beras
                 Minyak goreng secukupnya

Cara membuatnya :
-          Cuci bersih jamur, remas agar jamur tidak terlalu banyak mengandung air, suwir-suwir, taburi dengan kaldu ayam bubuk, ratakan, sisikan.
-          Campur tepung bumbu dengan tepung beras, aduk rata.
-          Panaskan minyak dengan api sedang.Tunggu sampai minyak panas, sementara itu campur jamur dengan campuran tepung beras, ratakan, ketok-ketok tepung sampai hanya tepung yang menempel di jamur saja yang tersisa( tujuannya agar tepung tidak mengotori minyak ),goreng.Usahakan agar jamur dapat terendam dalam minyak ketika digoreng.Setelah jamur masuk, kecilkan api  dan goreng sambil sesekali diaduk sampai berwarna keemasan.Angkat dan tiriskan.Sajikan hangat-hangat.

Selamat mencoba…^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar